Friday, January 31, 2020

Menentukan Variabel Date Time di Tab Variabel View pada SPSS

Penting untuk menentukan variabel mana dalam data Anda yang Date / Time sehingga SPSS dapat mengenali dan menggunakan variabel-variabel ini dengan tepat. Namun, prosedur untuk mendefinisikan variabel sebagai Date / Time tergantung pada jenisnya yang saat ini didefinisikan (mis., String, numerik, Date / Time). Bagian berikut menguraikan cara mendefinisikan variabel sebagai Date / Time berdasarkan jenis variabel saat ini.

Merubah Tipe Variabel Dari String Atau Numerik Ke Date Time

Jika dataset Anda menyertakan variabel yang nilainya mewakili Date atau Time, tetapi variabel saat ini didefinisikan sebagai string atau numerik, Anda harus menentukan bahwa variabel tersebut sebenarnya adalah Date / Time. Anda dapat menentukan jenis variabel sebagai Date / Time dengan mengklik tab Tampilan Variabel, menemukan variabel, dan mengklik sel di bawah kolom "Jenis". Tombol "..." biru akan muncul. Mengklik tombol biru "..." membuka jendela Jenis Variabel. Pilih "Date" dari daftar jenis variabel. Kemudian, di sebelah kanan, pilih format di mana Date / Time untuk variabel itu akan muncul (dengan memilih format Date / Time di mana nilai sudah muncul). Klik OK. Sekarang SPSS akan mengenali variabel sebagai Date / Time.

Catatan: Langkah-langkah ini hanya berfungsi jika nilai variabel sudah dalam format Date / Time standar tetapi saat ini didefinisikan sebagai string / numerik ... dan hanya jika Anda mendefinisikan variabel sebagai Date / Time dengan memilih format Date / Time yang sudah mencerminkan format yang ada. Misalnya, jika nilai muncul sebagai "Agustus 1991" Anda harus memilih format Date / Time yang mencerminkan format yang ada. Jika Anda mencoba memilih format yang menyertakan informasi tambahan atau berbeda, perubahan format mungkin gagal dan menghapus data.

Contoh: Skenario ini kemungkinan terjadi jika Anda mengimpor data dari sumber file lain, seperti Excel, dan SPSS tidak langsung mendefinisikan tipe variabel sebagai Date / Time, meskipun nilainya dalam format Date / Time standar.

Dengan demikian, kriteria berikut harus berlaku untuk menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di atas:

  • Nilai variabel Anda sudah muncul dalam format Date / Time standar.
  • Variabel Anda saat ini didefinisikan sebagai "string" atau "angka" daripada Date/ Time.
  • Anda ingin mendefinisikan kembali tipe variabel Anda dari string atau numerik hingga Date/ Time.

Merubah tipe variabel dari string atau numerik ke format Date / Time yang berbeda dari format Date / Time di mana nilai saat ini muncul

Jika variabel sudah dalam format Date / Time standar tetapi saat ini didefinisikan sebagai string atau numerik, dan Anda ingin kedua A) mendefinisikan variabel sebagai Date / Time, dan B) memilih format Date / Time yang berbeda dari yang cocok dengan format saat ini, Anda harus melanjutkan dalam dua langkah.
  1. Yang pertama Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan variabel sebagai Date / Time dan memilih format di mana Date / Time Anda saat ini muncul.
  2.  Yang kedua setelah Anda menentukan format saat ini dari nilai Date / Time untuk variabel itu, Anda kemudian dapat Merubah format Date mengikuti langkah-langkah yang sama yang Anda gunakan untuk menentukan jenis variabel dan format Date selama langkah pertama.
Catatan: Jika Date untuk variabel yang dipilih muncul sebagai mm / dd / yyyy dan saat ini didefinisikan sebagai "String" di "Type" variabel dalam Variable View, Anda tidak dapat Merubah "Type" ke "Date" dan pilih yang baru format di mana Anda ingin nilai Date / Time muncul. Anda harus terlebih dahulu memilih format di mana Date / Time saat ini muncul. Kemudian, Anda dapat mengulangi proses ini untuk memilih format baru di mana Anda ingin Date muncul. Jika Anda tidak pertama-tama mendefinisikan variabel sebagai "Date" dan memilih format Date / Time saat ini sebelum memilih format yang ingin Anda ubah, nilai-nilai untuk variabel tersebut akan didefinisikan sebagai tidak ada.

Contoh: Jika variabel dengan nilai Date / Time saat ini didefinisikan sebagai string atau numerik, tetapi semua nilai mengikuti bentuk mm / dd / yyyy (misalnya, 01/31/2013), maka Anda harus memilih format ini (mm / dd / yyyy) ketika Anda Merubah jenis variabel ke Date / Time. Jangan pilih format yang tidak cocok dengan format nilai saat ini.

Dengan demikian, kriteria berikut harus berlaku untuk menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di atas:

  1.  Nilai variabel Anda sudah muncul dalam format Date / Time standar.
  2.  Variabel Anda saat ini didefinisikan sebagai "string" atau "angka" daripada Date / Time.
  3.  Anda ingin mendefinisikan kembali tipe variabel Anda dari string atau numerik ke format Date / Time yang berbeda dari format Date / Time di mana nilai saat ini muncul.
Merubah variabel yang didefinisikan sebagai Date / Time dari satu format Date ke format Date lainnya

Jika tipe variabel sudah didefinisikan sebagai Date / Time, maka Merubah format nilai ke format Date / Time yang berbeda adalah sederhana. Dalam Tampilan Variabel, di bawah kolom "Ketik," pilih sel yang sesuai dengan variabel yang ingin Anda ubah. Tombol biru "..." akan muncul, yang membuka kotak dialog "Variable Type". "Date" seharusnya sudah dipilih dari daftar tipe variabel di sebelah kiri. Di sebelah kanan, pilih format Date / Time baru di mana Anda ingin nilai variabel muncul. Klik OK. Sekarang klik tab Tampilan Data untuk melihat data Anda; Date Anda sekarang akan muncul dalam format yang Anda pilih.

Catatan: Jika Anda memilih format baru yang menyertakan ruang untuk informasi yang sebenarnya tidak muncul dalam dataset Anda, itu akan muncul sebagai 0s dalam data. Misalnya, jika data Anda hanya menyertakan informasi tentang bulan, hari, dan tahun, dan Anda memilih format yang juga mencakup ruang untuk jam, menit, dan kedua, nilai akan muncul seperti ini: 31-JAN-2013 00: 00:00

Contoh: Mungkin Date Anda didefinisikan sebagai Date / Time dan muncul sebagai "01/31/2013," tetapi Anda ingin itu muncul sebagai "2013/01/31," sebagai gantinya.
Disqus Comments