Rentang abad mengacu pada rentang tanggal di abad tertentu yang akan dikenali SPSS ketika membaca variabel tanggal yang memiliki dua digit mewakili tahun. (Misalnya, tahun 1950 dapat direpresentasikan sebagai “50” dalam variabel tanggal). Ketika tahun didefinisikan hanya dengan dua digit, SPSS standar memperlakukan tanggal ini seolah-olah jatuh antara 1944 dan 2043 (mis., “50” akan menunjukkan “1950”). Namun, beberapa data — seperti data arsip — mungkin menyertakan tanggal yang mendahului rentang default ini. Jadi, untuk tipe data ini, Anda mungkin ingin mengubah rentang abad selama dua digit tahun.

Mengapa rentang abad penting? Jika Anda pernah memutuskan untuk mengubah format variabel tanggal Anda — misalnya, dari format yang menggunakan tahun dua digit ke format yang menggunakan tahun empat digit — tahun-tahun mungkin ditampilkan pada abad yang salah dalam format baru.

Untuk mengubah rentang abad selama dua digit tahun, ikuti langkah-langkah ini:

Klik Edit > Options.

Jendela Opsi akan muncul. Klik tab Data di bagian atas.

Di sebelah kanan Anda akan melihat Set Century Range untuk area 2-Digit Years.

Secara default, Otomatis akan dipilih dan tahun dua digit akan dipahami masuk dalam kisaran 1944 hingga 2043. Anda dapat mengubah rentang abad dengan mengeklik Kustom, yang memungkinkan Anda untuk memasukkan tahun awal yang baru (dan akhir tahun) akan diperhitungkan untuk Anda). Setelah selesai, klik Terapkan, lalu klik OK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here