Thursday, January 9, 2020

Mengenal Menu di Data View Window Pada SPSS

Variabel adalah sifat yang dapat diamati dan diukur. Kasus adalah catatan informasi tentang satu atau lebih variabel. Tutorial ini membahas bagaimana Kasus dan Variabel diorientasikan di jendela Tampilan Data SPSS.

Membaca Data View Window 

Saat Anda melihat data di SPSS, setiap baris di Tampilan Data mewakili kasus, dan setiap kolom mewakili variabel.

Kasus mewakili pengamatan independen, unit eksperimental, atau subjek. Misalnya, jika data didasarkan pada survei mahasiswa, maka setiap baris dalam data akan mewakili mahasiswa tertentu yang berpartisipasi dalam penelitian.

Variabel adalah atribut, karakteristik, atau pengukuran yang menggambarkan kasus.

Melihat Beberapa Bagian Data Secara Bersamaan


Terkadang berguna untuk dapat melihat beberapa bagian data Anda di Window Data Editor pada saat yang bersamaan. Opsi Split memungkinkan Anda untuk membagi jendela Data View menjadi beberapa bagian yang dapat dilihat secara bersamaan. Opsi ini sangat membantu jika Anda perlu melihat secara bersamaan beberapa bagian dari data Anda yang berjauhan dalam spreadsheet. Untuk membagi jendela, klik Window > Split.


Sekarang jendela Data Editor dipartisi menjadi empat bagian. Bagian atas dan bawah, serta bagian kiri dan kanan, bisa diatur dengan menggunakan scroll.

Mencari Kasus Tertentu

SPSS menyediakan cara melompat dengan cepat ke kasus atau variabel tertentu dalam dataset Anda di Data View Window. Ini adalah opsi yang sangat berguna untuk kumpulan data besar yang mencakup ratusan kasus dan variabel.
Caranya klik icon  atau buka menu Edit lalu Go to Case.
Masukkan nomor kasus
Klik Go maka SPSS akan loncat ke nomer kasus yang diinginkan

Mencari Variabel Tertentu

Untuk mencari Variable tertentu caranya:
Klik icon  atau buka Edit lalu Go To Variable
Lalu pilih nama variable yang diinginkan

Disqus Comments