Tipe variabel menentukan apakah variabel numerik atau karakter, kuantitatif atau kualitatif. Ini juga menentukan jenis metode analisis statistik yang sesuai untuk data tersebut.

Agar analisis data Anda akurat, Anda harus mengidentifikasi jenis dan format setiap variabel dengan benar. SPSS memiliki batasan khusus sehingga analisis statistik tidak dapat dilakukan pada tipe data yang tidak sesuai: misalnya, Anda tidak akan dapat menggunakan variabel kontinu sebagai variabel “grouping” saat melakukan uji-t.

Informasi untuk tipe setiap variabel ditampilkan di tab Tampilan Variabel. Di bawah kolom “Type”, cukup klik sel yang terkait dengan variabel yang diinginkan. Tombol “…” biru akan muncul.

Klik tombol biru dan Variable Type akan muncul. Anda dapat menggunakan kotak dialog ini untuk menentukan jenis untuk variabel yang dipilih, dan informasi terkait apa pun (mis., Lebar, tempat desimal).

Dua jenis variabel umum yang sering digunakan adalah numerik dan string.

NUMERIC

Variabel numerik memiliki nilai yang berupa angka (dalam format standar atau notasi ilmiah). Variabel numerik yang hilang muncul sebagai titik (mis., “.”).
Contoh: Variabel kontinu yang dapat mengambil angka apa pun dalam rentang (mis., Tinggi, berat, tekanan darah, …) akan dianggap sebagai variabel numerik. Peneliti dapat memilih sebanyak atau sesedikit tempat desimal yang menurut mereka perlu. Dalam situasi ini, pengaturan Ukuran harus didefinisikan sebagai Skala; lihat tutorial Mendefinisikan Variabel untuk informasi lebih lanjut. Jenis variabel numerik khusus ini dapat digunakan dalam perhitungan — mis., Kita dapat menghitung rata-rata dan standar deviasi ketinggian.
Contoh: Hitungan (mis., Jumlah lemparan bebas yang dibuat per game) adalah variabel numerik dengan nol tempat desimal. Dalam situasi ini, pengaturan Ukuran harus didefinisikan sebagai Skala; lihat tutorial Mendefinisikan Variabel untuk informasi lebih lanjut. Perhitungan matematis tertentu berlaku ketika diterapkan untuk menghitung variabel (mis., Mean dan standar deviasi), tetapi beberapa prosedur statistik tidak (mis., Regresi linier).
Contoh: Variabel kategori nominal yang telah dikodekan secara numerik (mis., Merekam jenis kelamin subjek sebagai 1 jika laki-laki atau 2 jika perempuan) akan diklasifikasikan sebagai variabel numerik dengan nol tempat desimal. Dalam situasi ini, pengaturan Ukuran harus didefinisikan sebagai Nominal; lihat tutorial Mendefinisikan Variabel untuk informasi lebih lanjut. Jenis variabel numerik ini seharusnya tidak pernah digunakan dalam perhitungan matematika.
Contoh: Variabel kategori ordinal yang telah dikodekan secara numerik (mis., Item Likert dengan respons 1 = Baik, 2 = Lebih Baik, 3 = Terbaik) akan diklasifikasikan sebagai variabel numerik dengan nol tempat desimal. Dalam situasi ini, pengaturan Measure harus didefinisikan sebagai Ordinal; lihat tutorial Mendefinisikan Variabel untuk informasi lebih lanjut. Secara umum, jenis variabel numerik ini tidak boleh digunakan dalam perhitungan matematika.
Perhatikan bahwa beberapa prosedur SPSS mensyaratkan bahwa variabel pengelompokan dikodekan sebagai numerik (mis., Uji-t sampel independen; dialog warisan untuk metode nonparametrik; dll.)

STRING

Variabel string – yang juga disebut variabel alfanumerik atau variabel karakter – memiliki nilai yang diperlakukan sebagai teks. Ini berarti bahwa nilai-nilai variabel string dapat mencakup angka, huruf, atau simbol. Nilai string yang hilang muncul kosong.
Contoh: Kode pos dan nomor telepon, meskipun terdiri dari angka, biasanya dianggap sebagai variabel string karena nilainya tidak dapat digunakan secara bermakna dalam perhitungan.
Contoh: Setiap teks tertulis dianggap sebagai variabel string, termasuk jawaban bebas untuk pertanyaan survei.
Beberapa tipe variabel berikutnya semuanya numerik secara teknis, tetapi mengindikasikan pemformatan khusus. Jika data Anda telah direkam dalam salah satu format ini, Anda harus mengatur jenis variabel dengan tepat sehingga SPSS dapat menafsirkan variabel dengan benar. (Misalnya, SPSS tidak dapat menggunakan tanggal dengan benar dalam perhitungan kecuali variabelnya secara spesifik didefinisikan sebagai variabel tanggal.)

COMMA

Variabel numerik yang menyertakan koma yang membatasi setiap tiga tempat (di sebelah kiri desimal) dan menggunakan periode untuk membatasi desimal. SPSS akan mengenali nilai-nilai ini sebagai angka — dengan atau tanpa koma, dan juga dalam notasi ilmiah.
Contoh: Tiga puluh ribu setengah: 30.000,50
Contoh: Satu juta, dua ratus tiga puluh empat ribu, lima ratus enam puluh tujuh koma delapan puluh sembilan: 1.234.567,89

DOT

Variabel numerik yang mencakup periode yang membatasi setiap tiga tempat dan menggunakan koma untuk membatasi desimal. SPSS akan mengenali nilai-nilai ini sebagai angka-dengan atau tanpa titik, dan juga dalam notasi ilmiah.
Contoh: Tiga puluh ribu setengah: 30.000,50
Contoh: Satu juta, dua ratus tiga puluh empat ribu, lima ratus enam puluh tujuh koma delapan puluh sembilan : 1.234.567,89
Catatan tentang nota koma versus dot: nota koma adalah standar di Amerika Serikat. Panduan Lingkungan Bahasa Internasional Oracle memberikan daftar negara dan bentuk notasi apa yang biasanya ditemukan di masing-masing negara.

Scientific notation

Variabel numerik yang nilainya ditampilkan dengan eksponen E dan power-of-ten. Eksponen dapat didahului oleh E atau D, dengan atau tanpa tanda, atau hanya dengan tanda (tanpa E atau D). SPSS akan mengenali nilai-nilai ini sebagai angka, dengan atau tanpa eksponen.
Contoh: 1.23E2, 1.23D2, 1.23E + 2, 1.23 + 2.

DATE

Variabel angka yang ditampilkan dalam format tanggal kalender atau jam-waktu standar. Format standar dapat mencakup koma, spasi kosong, tanda hubung, titik, atau garis miring sebagai pembatas ruang.
Contoh: Tanggal: 01/31/2013, 31.01.2013
Contoh: Waktu: 01: 02: 33.7

DOLLAR

Variabel numerik yang berisi tanda dolar (mis., $) Sebelum angka. Koma dapat digunakan untuk membatasi setiap tiga tempat, dan suatu periode dapat digunakan untuk membatasi desimal.
Contoh: $ 33.000,33
Contoh: $ 1.000.000.123

Custom currency

Variabel angka yang ditampilkan dalam format mata uang khusus. Anda harus menentukan mata uang khusus di jendela Jenis Variabel. Karakter mata uang khusus ditampilkan dalam Editor Data tetapi tidak dapat digunakan selama entri data.

Restricted number

Variabel numerik yang nilainya dibatasi untuk bilangan bulat non-negatif (dalam format standar atau notasi ilmiah). Nilai-nilai ditampilkan dengan nol terkemuka yang diisi dengan lebar maksimum variabel.
Contoh: 00000123456 (lebar 11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here