Fungsi SUM artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi SUM dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM(Cell awal :Cell Akhir). Contohnya =SUM(A3:A6) lalu tekan enter.

Maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan contoh langkah-langkah penggunaan SUM.

Anda dapat menggunakan rumus sederhana untuk menjumlahkan angka dalam rentang (grup sel), tetapi fungsi SUM lebih mudah penggunaannya saat Anda bekerja dengan lebih dari beberapa angka. Misalnya =SUM(A3:A6) daripada Anda menggunakan fungsi seperti ini = A3 + A3 + A4 + A5 + A6.

Penggunaan SUM dalam menjumlahkan beberapa kolom dan baris sekaligus Anda tinggal mengetikkan perintah = SUM  di dalam cell, diikuti dengan kurung ( lalu select semua cell yang akan dijumlahkan kemudian kurung tutup ) lalu tekan enter.

Rumus SUM:

=SUM(angka1;[angka2];…)

  • SUM : Nama fungsi excel untuk menjumlahkan di excel
  • Angka1 : Argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
  • Angka2 : (Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal sampai 255 Argument

Contoh Lain Fungsi SUM

Dibawah ini contoh penggunaan fungsi SUM

= SUM (3; 3)

Fungsi diatas menambahkan 3 dan 2. Maka hasilnya adalah 6

= SUM (“5”; 15; TRUE)

Fungsi diatas Menambahkan 5, 15 dan 1. Nilai teks “5” terlebih dahulu diterjemahkan menjadi angka, dan nilai logika TRUE terlebih dahulu diterjemahkan menjadi angka 1. Maka hasilnya adalah 21

= SUM (A2:A4)

Menambahkan nilai dari sel A3 sampai dengan A6. Maka hasilnya adalah 45.

= SUM(A2:A4; 15)

Menambahkan nilai di sel A3 hingga A4, lalu menambahkan hasilnya dengan 15. Maka hasilnya adalah 60

= SUM (A5; A6; 2)

Menambahkan nilai dalam sel A5 dan A6, dan lalu menambahkan 2 ke hasil. Karena nilai non-numerik dalam referensi tidak diterjemahkan –> nilai dalam sel A5 (‘5) dan nilai dalam sel A6 (benar) diperlakukan sebagai teks –> nilai dalam sel tersebut diabaikan. Maka hasilnya adalah 2

Nah itulah Cara Penggunaan Fungsi SUM pada Excel dengan beberapa contoh penggunaan fungsi SUM, fungsi SUM ini sering digunakan dalam mengolah data di Excel, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here