Saturday, January 11, 2020

Cara Menambahkan dan Menghapus Sebuah Variabel di Variable View

Terkadang Anda mungkin perlu menambahkan variabel baru atau menghapus variabel yang ada dari dataset Anda. Misalnya, mungkin Anda sedang dalam proses membuat dataset baru dan Anda harus menambahkan banyak variabel baru ke dataset yang Anda kembangkan. Atau, mungkin Anda memutuskan bahwa beberapa variabel tidak terlalu berguna untuk studi Anda dan Anda memutuskan untuk menghapusnya dari dataset. Atau, sama halnya, mungkin Anda membuat dataset yang lebih kecil dari dataset yang sangat besar untuk membuat dataset lebih mudah dikelola untuk proyek penelitian yang hanya akan menggunakan subset dari variabel yang ada dalam dataset yang lebih besar.

Cara Menambahkan Sebuah Variable

Untuk menambahkan sebuah variable di Variable View caranya sebagai berikut:Di Menu Data View klik nama kolom disebelah kanan yang akan ditambahkan sebuah variable Untuk menambahkan sebuah variable anda bisa menggunakan tiga caranya:
  • Klik Edit lalu Insert Variable
  • Klik kanan nama variabel yang ada dan pilih Insert Variable
  • Klik icon Insert Variable()
Kolom kosong baru akan muncul di sebelah kiri kolom atau sel yang Anda pilih.

Variabel baru akan diberi nama generik. Anda dapat memasukkan nama baru untuk variabel pada tab Tampilan Variabel. Anda dapat melompat cepat ke layar Tampilan Variabel dengan mengklik dua kali pada nama variabel generik di bagian atas kolom. Setelah di Tampilan Variabel, di bawah kolom "Nama," ketik nama baru untuk nama variabel yang ingin Anda ubah. Anda juga harus mendefinisikan properti variabel lainnya (tipe, label, nilai, dll.) Saat ini.

Semua nilai untuk variabel yang baru dibuat akan hilang (ditunjukkan oleh "." Di setiap sel dalam Tampilan Data, secara default) karena Anda belum memasukkan nilai apa pun. Anda bisa memasukkan nilai untuk variabel baru dengan mengklik sel di kolom dan mengetik nilai yang terkait dengan setiap case (baris).

Cara Menghapus Sebuah Variable

Untuk menghapus sebuah variable caranya:
  • Di tab Data View, klik nama kolom (variabel) yang ingin Anda hapus. Ini akan menyoroti kolom variabel.
  • Tekan tombol Delete pada keyboard, atau klik kanan pada variabel yang dipilih dan klik "Delete." Variabel dan nilai terkait akan dihapus.
Atau, Anda dapat menghapus variabel melalui tab Variable View:
  • Klik pada nomor baris yang sesuai dengan variabel yang ingin Anda hapus. Ini akan menseleksi semua baris.
  • Tekan tombol Delete atau klik kanan pada nomor baris yang sesuai dengan variabel yang ingin Anda hapus dan klik "Detele".
Anda juga dapat menghapus variabel menggunakan sintaks perintah.
DELETE VARIABLES var1.
Disqus Comments