Cara Import data ke SPSS Dari File Text

Data yang disimpan dalam file teks memiliki ekstensi seperti * .txt, * .dat, atau * .csv. Jenis file data ini mudah dibuat dan tidak terikat dengan perangkat lunak berpemilik, sehingga merupakan pilihan populer untuk file data. Sementara banyak komputer akan secara otomatis membuka jenis file ini dalam perangkat lunak spreadsheet seperti Microsoft Excel, mereka dapat dibuka dan diedit menggunakan program editor teks apa pun.

Mengimpor file teks ke SPSS sedikit berbeda dari mengimpor data dalam lembar kerja Excel. Ada beberapa pola yang berbeda yang digunakan untuk menggambarkan awal dan akhir variabel tertentu, dan SPSS harus tahu pola apa yang harus diikuti untuk membaca data dengan benar.

Secara umum, ada dua pola yang SPSS kenali:

Data terbatas: Setiap pengamatan dibatasi, atau dipisahkan, oleh karakter tertentu. Karakter umum yang digunakan untuk pembatas termasuk koma, tab, dan spasi putih.

ID,Age,Gender
A001,41,F
A009,36,M
C321,27,F

Fixed-width data: Daripada menggunakan pembatas antar observasi, nilai-nilai variabel disejajarkan secara vertikal, sehingga variabel yang diberikan selalu dimulai pada posisi kolom tertentu. Dalam contoh di bawah ini, ID selalu dimulai di kolom 1; Usia selalu dimulai pada kolom 10; dan Gender selalu dimulai di kolom 16.

ID       Age   Gender
A001R 41 F
Z009 36 M
C321BC 27 F

File dengan ekstensi * .txt disebut file teks. Jenis file ini dapat berisi data dengan lebar tetap atau terbatas. Variasi umum untuk file * .txt adalah data yang dibatasi-tab; yaitu, setiap pengamatan dipisahkan oleh tab (dibuat menggunakan tombol Tab pada keyboard). Namun, file * .txt tidak selalu menggunakan tab sebagai pembatas – pada kenyataannya, file * .txt dapat menggunakan karakter apa pun sebagai pembatas, termasuk koma. File dengan ekstensi * .csv disebut file yang dibatasi koma; dalam jenis file ini, pengamatan dibatasi oleh koma. Secara tradisional, baris pertama file CSV berisi nama variabel (dipisahkan oleh koma), dan baris data pertama dimulai pada baris kedua. Nilai yang hilang dilambangkan dengan menggunakan pembatas yang berdekatan. Proses untuk mengimpor salah satu dari jenis file ini hampir identik di SPSS, jadi di sini, kami akan menunjukkan hanya menggunakan file CSV.

Referensi: https://libguides.library.kent.edu/SPSS/ImportData

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *