Monday, January 6, 2020

Rumus Fungsi SUMIF pada Excel untuk Menjumlahkan dengan Kriteria Tertentu

Fungsi Rumus SUMIF berfungsi untuk menjumlahkan rentan nilai dengan kriteria tertentu, sebagai contoh anda menghitung total penjualan hanya kategori sayuran saja, atau akan menghitung penjualan hanya lebih besar atau kurang dari kriteria yang ditentukan, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh penggunaan Rumus Fungsi SUMIF pada artikel ini

Rumus Fungsi SUMIF

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Sintaks fungsi SUMIF memiliki argumen berikut:

  • rentang   Diperlukan. Rentang sel yang akan Anda evaluasi menurut kriteria. Sel di setiap rentang harus merupakan angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Sel kosong atau nilai teks diabaikan. Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar (contoh di bawah).
  • kriteria   Diperlukan. Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan. Misalnya, kriteria dapat diekspresikan sebagai 32, ">32", B5, "32", "apples", atau TODAY().
Penting: Kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda ("). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.


  • sum_range   Opsional. Sel aktual untuk ditambahkan, jika Anda ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumenrentang. Jika argumen sum_range dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan).
  • Anda bisa menggunakan karakter wildcard—tanda tanya (?) dan tanda bintang (*)—sebagai argumen kriteria. Tanda tanya cocok dengan semua karakter tunggal; tanda bintang cocok dengan semua urutan karakter. Jika Anda ingin menemukan tanda tanya atau tanda bintang, ketikkan tilde (~) sebelum karakter.

Keterangan

  • Fungsi SUMIF mengembalikan hasil yang tidak benar bila Anda menggunakannya untuk mencocokkan string yang lebih panjang dari 255 karakter atau ke string #VALUE!.
  • Argumen sum_range tidak harus mempunyai ukuran dan bentuk yang sama dengan argumen range. Sel aktual yang ditambahkan ditentukan dengan menggunakan sel di paling kiri atas di dalam argumen sum_range sebagai sel awal, lalu menyertakan sel yang ukuran dan bentuknya sesuai dengan argumen range. Misalnya:

Contoh

Dibawah ini contoh penggunaan rumus fungsi SUMIF untuk menghitung total berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan kriteria buah atau sayur.


Dibawah ini contoh penggunaan rumus fungsi SUMIF untuk menghitung total berdasarkan kriteria rentan harga tertentu, misalnya harga diatas 3000 atau dibawah 5000.



Disqus Comments